Mengenal Mata Uang Kerajaan Samudra Pasai di Indonesian Islamic Art Museum

Indonesian Islamic Art Museum
Mata Uang Kerajaan Samudra Pasai di Indonesian Islamic Art Museum -  Indonesian Islamic Art Museum menyimpan berbagai koleksi mata uang peninggalan kerajaan Islam. Salah satunya adalah mata uang dari kerajaan Islam pertama di Indonesia, yaitu Samudra Pasai.

Koin atau mata uang kerajaan Samudra Pasai yang ada di Indonesian Islamic Art Museum ini ada pada 1297 M. Koin tersebut berupa emas yang biasanya disebut dengan dinar dan perak atau dikenal dengan sebutan Dirham. Dinar dan Dirham pertama kali dicetak oleh Sultan Malik yang berkuasa sekitar 1297-1326, abad ke-13.

Maka dari itu dirham merupakan merupakan sumber atau bukti penting bahwa pada abad ke-13 masyarakat Nusantara telah menciptakan mata uang logam emas sendiri sebagai alat tukar. Dan bisa dibilang bahwa dirham merupakan mata uang emas pertama yang dikeluarkan Nusantara  oleh kerajaan Islam.
Dirham koin kerajaan Samudra Pasai di Indonesian Islamic Art Museum

Pada koin dirham dan dinar Samudra Pasai ini menggunakan oranmen Islam bertuliskan Arab, yaitu Malik Al-zahir pada sisi atas dan Al Sultan Al- Adil pada sisi bawah berdiameter 10-11 mm dengan garis tengah 10 mm, berat 0,6 gram dan mutu 18-20 karat.

Bisa dibilang bahwa koin dirham Samudra Pasai ini merupakan bukti bahwa kerajaan Islam di Indonesia mengalami kemajuan dengan kemampuanya menciptakan mata uang logam emas sendiri sebagai alat tukar.

Adapun kerajaan Samudra pasai terletak di Aceh, dan merupakan kerajaan Islam di Indonesia. Kerajaan ini merupakan gabungan dari kerajaan Pase dan Peurlak, dengan raja pertamanya adalah Sultan Malik Al- Saleh, yang berkuasa kurang lebih 29 tahun (1297-1362). Kesultanan ini kemudian runtuh karena serangan Portugal pada tahun 1521.

Sementara itu, Indonesian Islamic Art Museum merupakan museum Islam pertama di Indonesia dan memiliki koleksi terlengkap. Tidak hanya mendatangkan artefak dari Indonesia, museum yang terletak di Wisata Bahari Lamongan ini juga menyajikan benda bersejarah dari kesultanan Islam yang ada di luar negeri, seperti kerajaan Ottoman Turki, Mughal India, dan berbagai Dinasti yang ada di China.

Lokasi Indonesian Islamic Art Museum
Wisata Bahari Lamongan
Jl. Raya Paciran (Ex Tanjung Kodok)
+6282144468002
+6285748473100


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengenal Mata Uang Kerajaan Samudra Pasai di Indonesian Islamic Art Museum "

Posting Komentar