Jadi Museum Terlengkap, Indonesian Islamic Art Wisata Bahari Lamongan Hadirkan Rekam Jejak VOC Belanda

Pistol VOC di Indonesian Islamic Art Museum
Indonesian Islamic Art Museum Wisata Bahari Lamongan -  Indonesian Islamic Art Museum terletak di Wisata Bahari Lamongan, Jl Raya Paciran (Ex Tanjung Kodok) Lamongan. Indonesian Islamic Art merupakan museum Islam pertama di Indonesia yang menyajikan koleksi terlengkap. Dimulai dari peninggalan kerajaan Islam luar negeri hingga Nusantara.

Tidak hanya itu, Indonesian Islamic Art Musem juga menghadirkan benda-benda bersejarah VOC (Vereenigde Oostindische Compagie). Benda-benda tersebut memang bukan dari Islam, tetapi Indonesian Islamic Art ingin menghadirkan rekam jejak bahwa VOC memang pernah ada di Indonesia.

Benda-benda bersejarah VOC yang ada di Indonesian Islamic Art Museum adalah berbagai pedang VOC pada sekitar abad ke 18, pistol pada abad ke- 16, Borgol yang biasa digunakan untuk para tahanan tentara VOC pada abad ke 16, Shiping bel dan Container Box pada abad ke 16, mata uang VOC dan masih banyak lainnya.

Sejarah dari VOC di Indonesia sendiri dimulai ketika Belanda ingin melakukan monopoli perdagangan di kawasan Nusantara. Nah untuk menghindari persaingan yang tidak sehat diantara sesama pedagang Belanda serta unuk memperkuat posisi Belanda dalam menghadapi persaingan dagang dengan bangsa Eropa lainnya, akhirnya pada 20 Maret 1602 dibentuklah VOC.

Selain dari VOC, Indonesian Islamic Art juga menyimpan berbagai persejataan perang dari Portugal. Ada juga full set baju zirah atau pakaian perang pasukan Ottoman Turki pada abad ke-16 beserta persenjataan perang yang lengkap dan masih banyak lainnya.

Sementara itu, Indonesian Islamic Art Museum merupakan satu-satunya museum di Indonesia yang sudah berbasis Teknologi Informasi bernama Augmented Reality yang bisa di download melalui playstore. Museum Islam Indonesia ini buka setiap hari mulai pukul 09:00 sampai 17:00 WIB dan harga tiket museum adalah 15.000 ketika weekend dan 10.000 ketika weekday.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Jadi Museum Terlengkap, Indonesian Islamic Art Wisata Bahari Lamongan Hadirkan Rekam Jejak VOC Belanda "

Posting Komentar